Senin, 28 April 2014

Kebersihan Dalam Agama Islam

Kebersihan dalam Agama Islam

Menjaga kebersihan rumah dan dapur berarti juga menjaga keimanan kita kepada Tuhan, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ada pepatah yang mengatakan “kebersihan adalah pangkal kesehatan”. Artinya kebersihan itu berpengaruh terhadap kesehatan. Begitu pentingnya kebersihan sehingga Rasulullah saw mengingatkan bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman. Artinya orang yang mengaku beriman wajib selalu menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekelilingnya.
Untuk melakukan ibadah dalam agama Islam juga harus terjaga kebersihannya mulai dari  badan kita sampai tempat yang akan kita gunakan untuk melakukan ibadah shalat. Maka disarankan bagi umat muslim untuk menyediakan tempat khusus di rumah untuk beribadah agar tetap terjaga kebersihannya. Dengan demikian tempat tersebut bisa dikatakan suci dan sah bagi kita untuk dijadikan tempat beribadah. Jika anda mempunyai anak balita biasanya belum mengerti jika akan buang air kecil. Kadang mereka melakukannya dimana saja, apalagi kita tidak memakaikan popok diaper padanya.
Dalam Islam kotoran tersebut merupakan najis kecil, untuk menghilangkannya lap lantai yang terkena najis itu dengan lap basah bersihkan minimal 2 kali berulang. Selain dapat menghilangkan najis juga dapat menghilangkan kuman yang bisa saja timbul dari kotoran tersebut. Orang yang akan beribadah pun bebas menginjak lantai asalkan pada lantainya sudah tidak terdapat najis seperti air kencing balita tersebut.
Kebersihan bukan saja dari keadaan rumah, tetapi juga kebersihan hati harus selalu di jaga agar dalam melakukan ibadah kita merasa ikhlas dan benar-benar khusyu. Kebersihan tersebut harus selalu seimbang agar pada kehidupan kita selalu merasa sehat dan nyaman. Bisa kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan rumah, kebersihan lingkungan sekitar agar tetap menjaga keimanan kita karena kebersihan merupakan bagian dari iman tersebut. Dan keadaan disekitar kita pun terasa  nyaman jika semuanya terlihat bersih.
Categories:

0 komentar :

Posting Komentar