Selasa, 22 April 2014

Ayat Al-Qur'an Tentang Kelestarian Lingkungan

Didalam Al-quran juga terdapat ayat-ayat yang mengajarkan kita tentang Bagaimana melestarikan Lingkungan Hidup kita, Karena Allah menciptakan Manusia untuk tinggal di Bumi sebagai penjaga alam semesta kita agar tidak rusak. Untuk Kelanjutannya Simak Uraian dibawah ini:

Manusia sebagai salah satu mahkluk Allah yang paling sempurna, ditakdirkan untuk tinggal di bumi yang indah dan penuh dengan nikmat serta diwajibkan untuk beribadah kepada-Nya. Selain itu manusia juga sebagai khalifah (penguasa di muka bumi) bertugas untuk mengelola, merawat serta mengatur kehidupan di muka bumi.
Supaya bumi tetap indah dan tidak rusak maka dari itu manusia mempunyai kewajiban untuk memakmurkan, menjaga, mengolah, dan melestarikan bumi. Manusia dilarang untuk merusak bumi, karena Allah telah menurunkan ayat-ayat tentang larangan dan perintah yang berhubungan tentang pelestarian lingkungan. Adapun ayat tersebut yaitu:
  • QS. Ar-Rum (30) Ayat 41-42

  1. Isi kandungan
Ayat ini menjelaskan bahwa selain untuk beribadah kepada Allah manusia juga diciptakan Allah sebagai khalifah di muka bumi. Kerusakan berupa musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi di permukaan bumi baik di darat maupun di laut disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Kerusakan yang tejadi melalui lima bidang kehidupan yaitu:
  • Kerusakan di bidang keimanan.
  • Kerusakan dalam bidang mental dan intelektual.
    contoh :
    1.Berbuat Zalim dan Bodoh
    2. Tidak mendengar Petunjuk
    3.Bertindak Ragu-ragu
    4.Tidak Kritis dan selalu pasrah sebelum usaha
  • Kerusakan dalam bidang pembinaan dan kehidupan keluarga.
  • Kerusakan dalam bidang martabat manusia.
  • Kerusakan dalam bidang material dan sumber daya alam.
    contoh:
    1. Perusakan tanah pertanian dan lautan.
    2.Pencemaran air dan udara.
    3.Pengurasan hasil tambang.
    4.perburuan binatang tanpa batas
     
Islam mengajarkan agar umat manusia senantiasa memelihara lingkungan. Hal ini seringkali terkandung dalam beberapa pelaksanaan ibadah.

1 komentar :

  1. Titanium Frame Hammer, CNC - Titsanium Tools
    The Titsanium titanium necklace mens and CNC are made to provide the highest quality stainless steel for the manufacture and titanium ore use of the blades for trekz titanium headphones cutting. Titsanium, therefore,  titanium trimmer as seen on tv Rating: 4.8 · ‎9 titanium necklace mens reviews · ‎$49.99 · ‎In stock

    BalasHapus